I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

LIFE IS AN ADVENTURE

Jumat, 18 Oktober 2013

Terang Bulan Cokelat Keju Super Mini ala Chef Ciel

Terang bulan bikinan saya yang laris manis: 5 September 2013

Terang Bulan Mini

Sebenarnya ini bukan terang bulan pertama yang saya buat. Sebelumnya saya pernah membuat terang bulan pake teflon dan tanpa ragi tapi jadinya ga berserat dan ga enak, kayak dadar gulung. FAILED

Setelah itu saya menganalisis kesalahan pembuatan sebelumnya. Kesalahan pertama adalah tidak berserat. Kemungkinan karena saya cuma pakai soda kue tanpa ragi. Kesalahan kedua adalah tidak crispy. Itu karena saya pakai teflon, maka untuk selanjutnya saya pakai cetakan kue lumpur.

Tapi saya sudah buat terang bulan di foto diatas sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 5 September 2013. Dan saya lupa resepnya, hiks TT^TT

Secara garis besar yang saya ingat :
  • Tepung Terigu 200-400 gram (saya lupa berapa ya)
  • Gula pasir 100 gram
  • Air 200 cc
  • Fermipan 5 gram (setengah bungkus)
  • 1 sdt Soda Kue
  • Telur 2 butir
  • Garam secukupnya
  • Vanili secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Campur Tepung Terigu dan Telur
  2. Buat adonan biang dengan mencampur Air dan Fermipan, diamkan biar raginya bekerja
  3. Masukkan adonan biang ke campuran tepung
  4. Masukkan Soda Kue, Gula Pasir dan Vanili, aduk sampai rata
  5. Biarkan adonan sampai mengembang (kira-kira 30 menit)
  6. Siapkan cetakan, panaskan, olesi margarin
  7. Masukkan adonan pada cetakan  kira-kira 1 cm dari dasar cetakan (adonan nanti naik, ingat kita pakai ragi)
  8. Tutup cetakan sampai adonan mulai mengering (mulai berpori), taburi gula sedikit dan masukkan toping (disini saya pakai messes cokelat dan keju, ditambah susu kental manis juga enak kalo suka)
  9. Tunggu sampai adonan matang dan pinggirannya mulai mengering kecokelatan
  10. Terang bulan mini siap diangkat dari cetakan dan dihidangkan ^_^
Mission SUCCESS!!!

Tidak ada komentar: