I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

LIFE IS AN ADVENTURE

Kamis, 14 Februari 2013

Sakura dan Syaoran

Cinta adalah persahabatan. Ah ya, akhirnya ada yang menulis kalimat itu. Itulah yang selama ini saya kagumi dan saya sanjung dalam diorama cinta. Untuk itu Ciel akan membicarakan tentang dua sosok yang sangat Ciel sukai di anime. Sakura dan Syaoran.
Membicarakan mereka tentu tak akan terlepas dari 2 anime ciptaan CLAMP: Card Captor Sakura (CCS) dan Tsubasa Reservoir Chronicle (TRC). Bagi Ciel kecil ataupun Ciel yang sekarang kisah antara dua karakter itu begitu luar biasa.
Berawal dari masa kecil Ciel yang ketika itu kelas 3 SD dan melihat Kinomoto Sakura dan Li Syaoran beraksi di layar kaca bagi Ciel kecil sungguh memukau. Yah, ketika itu CCS masih tayang di TPI (sekarang MNC TV) dengan soundtrack berbahasa Indonesia dan berdubbing Indonesia. Memang sejak kecil, Ciel sangat tertarik dengan tema fantasi jadi tak ayal Ciel kecil suka sekali menonton aksi Sakura mengumpulkan Clow Card bersaing dengan saingannya yang jauh-jauh datang dari Hongkong, Li Syaoran. Anime ini sungguh menarik dan sangat sangat bagus (salah satu jajaran anime pertama yang Ciel labeli "keren" selain Detective Conan waktu itu) berdasarkan tayangan anime di usia Ciel waktu itu. Bisa disebut anime cewek namun ternyata banyak teman cowok Ciel yang juga suka. Termasuk kenangan ketika Ciel mendengar dentingan piano instrumental Platinum, opening CCS yang dimainkan teman saya di kelas di awal masuk perkuliahan. Itu menunjukkan anime ini tidak sekedar "anime cewek" atau shoujo (padahal bukan shoujo juga), karena bagi Ciel kalau ada cowok yang suka berarti ada poin lain di dalam anime ini.
Sungguh menarik melihat bagaimana karakter dan plot yang diusung CLAMP dalam mengemas CCS. Termasuk betapa hangatnya persahabatan antara Sakura dan Tomoyo, persaingan antara Sakura dan Syaoran dan juga "tunangannya", Mei Lin. Pertengkaran klasik antara kakak beradik Kinomoto, Sakura dan Touya. Karakter Touya, kakak Sakura yang diam-diam seakan tahu segalanya, lalu hubungan Touya dan Yukito, juga karakter fantasi seperti Kero, Yue, dan Clow sendiri. Belum lagi pada season selanjutnya banyak karakter-karakter misterius bermunculan seperti sosok Eriol yang konon disebut-sebut sebagai reinkarnasi dari Clow Reed, pencipta Clow Card. CCS memang bukan anime pertama bergenre fantasi yang Ciel tonton, namun bagi Ciel ini adalah anime magic pertama yang sangat bagus yang pernah Ciel lihat selama ini.
Mengingat usia Ciel saat itu, sekilas CCS tampak seperti halnya anime 'anak-anak' lain yang disuguhkan waktu itu, seperti Sailor Moon, Wedding Peach, atau Do re mi. Namun ada hal lain yang membuat Ciel menyukai anime ini dibandingkan lainnya. Ini seperti yang Ciel utarakan sebelumnya dengan analogi kenapa Ciel lebih menyukai cerita Peter Pan dibanding Cinderella, Snow White, Little Mermaid, ataupun Sleeping Beauty (liat artikel berjudul Finding Neverland). Yah, karena sama seperti itu, Wedding Peach dan Sailor Moon benar-benar bergenre remaja yang seakan memberitahukan kepada kita bahwa cinta itu sesuatu tentang bunga mawar, tentang cincin, tentang gaun pengantin dan la la la yang lain. Namun CLAMP dalam karyanya mengajarkan arti hubungan yang lebih dalam, lebih bermakna, dan lebih rumit sekaligus sederhana di balik semua itu. Sungguh mengajarkan Ciel arti seseorang. Ah, entahlah, Ciel tak bisa menggambarkannya. Mungkin sedikit cerita di scene anime bisa menjelaskannya.
Pertama kita bahas CCS saja dulu ya? ^_^
Kisahnya awalnya standard, pembaca mungkin bisa searching di google atau wikipedia. Ciel ingin langsung melompat ke bagian yang lebih ke arah perasaan. Gambaran singkatnya di anime ini banyak hubungan yang aneh, kita sebut saja dengan naksir. Misalnya Sakura dan Syaoran sama-sama menyukai (baca: naksir) Yukito. Dan juga hubungan dekat "persahabatan yang mencurigakan" antara Yukito dan Touya. Nah diluar semua itu Ciel akan mengajak membahas Sakura dan Syaoran saja. Sepakat ya?! :)
Cerita dimulai ketika Syaoran mulai merasa bingung dengan perasaannya tentang siapa yang sebenarnya ia sukai. Dia menyukai Yukito, namun ada rasa yang aneh tentang dirinya terhadap Sakura. Disini dengan mudah Syaoran menyadari bahwa yang dia sukai sebenarnya adalah Sakura. Kisah menjadi menarik ketika melihat adegan betapa canggungnya Syaoran setiap bertemu Sakura. Dan sangat lucu ketika melihat usaha Syaoran mengungkapkan perasaannya kepada Sakura. (Komentar saya: bagi Ciel kecil menonton adegan ini begitu menarik. Ciel jadi tahu bahwa mengungkapkan perasaan itu merupakan hal yang sangat tidak mudah). Yah, di titik ini CCS agaknya lebih pantas kita sebut anime remaja ya? :)
Pada akhirnya Syaoran pun berhasil mengatakan perasaannya kepada Sakura (tapi ini sudah lamaaaa setelah berkali-kali usaha Syaoran menyatakan perasaannya, dan udah mau mencapai ending anime). Itu membuat hubungan antara dua tokoh ini tak lagi 'sama'. Yang ada justru suasana dingin dan canggung. Tak lagi hangat seperti sebelum Sakura mengetahui perasaan Syaoran yang sebenarnya. Dan tibalah di penghujung anime ketika cerita justru menanyakan bagaimana perasaan sebenarnya Sakura. Sebenarnya Sakura pun bingung. Namun akhirnya dia membandingkan perasaannya ketika temannya Eriol pergi ke London dan perasaannya ketika tahu Syaoran akan kembali ke Hongkong. Sakura menyadari bahwa dia sedih ketika Eriol pergi, namun berbeda ketika dia tahu Syaoran yang akan pergi, kali ini dia bukan hanya sedih, namun Sakura juga merasa kehilangan. Disinilah akhirnya Sakura tahu bahwa sebenarnya orang yang dia sukai adalah Syaoran. Ending CCS memang sedikit berbeda antara anime dan manga. Di anime endingnya bersetting di bandara ketika Sakura mengejar Syaoran dan menyatakan perasaannya. (Ini mirip dengan ending A2DC, bener deh ^^v *salam peace dari saya*). Tapi jujur Ciel lebih suka ending manganya. Dan Ciel membaca ending manga beberapa tahun setelah animenya usai tayang di TV (udah pindah channel di RCTI). Di manga Sakura mengejar Syaoran diantar sama Touya, tapi settingnya nggak di bandara tapi waktu Syaoran naik bis (mau ke bandara mungkin). Kenapa lebih suka yang ini? Pertama, karena Touya yang notabene 'benci' sama Syaoran nganterin Sakura, menandakan bahwa Touya sudah 'merestui' hubungan adiknya dengan Syaoran. Kedua, ternyata di manga endingnya nggak sampai segini aja. Beberapa tahun kemudian Syaoran kembali ke Jepang dan bertemu Sakura yang sudah tumbuh menjadi remaja. Ah, disini kita bisa tahu seperti apa rasanya melihat 'pasangan serasi' itu. Speechless. Kakkoiii lagi-lagi buat CLAMP.
yukito, touya, syaoran, sakura, dan tomoyo

Sakura dengan kostumnya, si Penangkap Kartu
chara di CCS, full group
Li Syaoran dan Kinomoto Sakura

Nah, ternyata tidak berhenti di anime anak-anak. Namun CLAMP menyuguhkan sekuel CCS, dengan cerita yang jauh berbeda: Tsubasa Reservoir Chronicle. Bila di CCS Syaoran menjadi sosok tuan muda yang datang dari Hongkong dan Sakura menjadi gadis Jepang yang periang, cerita di TRC lebih kelam namun lebih dalam. Settingnya benar-benar berbeda, ceritanya  benar-benar berbeda, namun masih dengan karakter dan chemistry yang sama. Jika CCS lebih menceritakan 'kehidupan normal' manusia, TRC lebih banyak fantasinya. Ini tentang perjalanan melintasi ruang dan waktu dengan tokoh utama tetap Sakura hime (Puteri Sakura)--yang kali ini menjadi seorang puteri dari kerajaan Clow, suatu negeri di padang pasir-- dan Syaoran, seorang arkeolog pendatang yang datang bersama ayahnya ke negeri Clow untuk meneliti reruntuhan yang penuh dengan misteri. Bisa dikatakan dua tokoh tersebut tumbuh seiring Ciel tumbuh. Di CCS sebagai anak-anak dan di TRC sebagai remaja.
TRC menceritakan tentang Sakura hime dan Syaoran yang merupakan sahabat sejak kecil. Dengan latar belakang yang berbeda dan sifat yang berbeda mereka tumbuh bersama dalam hubungan yang begitu dalam namun tetap berjarak (karena perbedaan status), namun jarak itu seakan tidak ada karena Sang Puteri selalu menampilkan perasaan tulusnya kepada Syaoran. Mereka saling memahami bahwa ikatan diantara mereka begitu berharga satu sama lain. Namun CLAMP menggambarkannya dalam fragmen-fragmen scene dialog ataupun peristiwa sehingga pembaca bebas menginterpretasikan sendiri sedalam apa hubungan mereka. Sejujurnya Ciel kehabisan kata dalam menggambarkan bagaimana ikatan mereka. Sederhana. Namun sekaligus rumit. Disini Ciel memahami tentang arti seseorang, arti sebuah ikatan, dan arti perasaan yang melibatkan hati. Ah, mungkin disinilah pertama kali Ciel menemukan makna tentang cinta platonik yang selalu Ciel bicarakan. Bahwa cinta adalah persahabatan. Dan persahabatan adalah cinta. Karena bagi seluruh dunia mungkin kau hanya seseorang, namun bagi seseorang kau mungkin adalah seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya sebaiknya kalian menonton anime atau membaca manganya (versi anime dan manganya sedikit berbeda). RECOMMENDED for you all, minna san ^_^
Yah sekian dulu dari saya. Padahal Ciel belum cerita semua yang Ciel pikirkan tentang TRC. Sayang sekali, Ciel sedang berkejaran dengan waktu sehingga tidak bisa menulis banyak-banyak. Yang jelas bagi Ciel, dua karakter ini mendapat ruang sendiri di dunia Ciel. Mata ashita! ^_<
Syaoran dan Sakura di TRC, finding feather
dua orang yang ditakdirkan bersama
Syaoran dan Sakura-hime
Persahabatan yang dirajut sejak kecil
Cinta Platonik

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Nenurutku ada hubungan nya deh,ccs disitu kan nanti syaoran dan sakuran menikah endingnyalah gitu,tapi tiba² sakuta merasakan adanya muncul masalah yang mengerikan di dunia lain.ha jadinya,syaoran memutuskan untuk pergi ke dunia lain dgn kekuatan sakura.tp sampai disana dia memiliki wujud anak kecil dan ketika menyelidiki tak disangka ditangkap sama musuh.lalu merasa bahwa syaoran memiliki kekuatan yang sangat hebat,dia membuat kloningannya syaoran sebut aj syaoran palsu.dan ketika syaoran asli mau dikurung,syaoran asli memberikan matanya kepada syaoran palsu untuk mengawasi gerak geriknya dan mencegah syaoran palsu melakukan hal berbahaya.dan setelah itu syaoran asli dikurung.lalu syaoran palsu dikirim kedunia sakura TNC,dan dijadikan anak angkat ayahnya.dan siapa yang menduga kalo syaoran palsu dan sakura-hime berteman gitu...^_^, kan juga ada di TNC sakura-hime melihat sakura lain versi kecil.yang berarti nantinya sakura datang membantu syaoran asli gitu...syaoran asli juga mau membunuh syaoran palsu karena sebenarnya syaoran palsu diciptakan untuk mengumpulkan bulu sakura-hime,nanti klo dah terkumpul mau digunakan musuh toh,karna syaoran palsu kehilangan akal sehatnya makanya syaoran asli membunuh syaoran palsu,tragis juga wkwkw,gak tai sih kalo endingnya gimana,klo udah tau hany kasi tau y^_^