I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

LIFE IS AN ADVENTURE

Kamis, 29 Agustus 2013

Donat Kentang Cokelat Oishi ala Chef Ciel

Karena donat bikinan sebelumnya ga ngembang, saya jadi pengen bikin donat lagi dengan bahan yang ga awur-awuran. Nah jadi mungkin ini nih yang bisa disebut cooking asli, sebelumnya main-main aja dengan bahan seadanya.
Kali ini saya mau bikin donat kentang cokelat untuk 25 - 30 porsi. Kok banyak? Hm.. Ini ceritanya gara-gara besoknya ada Pilkada Jatim dan TPS nya ada di dekat rumah, jadi itung-itung nyumbang kue buat panitia yang lagi sibuk lembur nyiapin persiapan Pilkada.
Langsung aja caranya. Check it out!

Bahan :
500 gram tepung terigu protein tinggi (disini saya pake merk Cakra)
200 gram kentang kukus, haluskan, dinginkan
100 gram gula pasir
75 gram mentega
4 butir kuning telur
100 ml air dingin (kalo mau naker bisa pake setengah gelas air mineral kurangi dikit)
11 gram ragi instant (disini saya pake sebungkus merk Fermipan)
1 sdm cokelat bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt garam
vanili kalo mau pake (tapi karena lupa saya ga pake, hehe)



*kalo mau naker tapi ga punya timbangan kayak saya, bisa pake sendok.
1 sdm kira-kira 8-12 gram-tapi saya anggap 10 gram, hehe, 
kalo 1 sdt kira-kira 2-5 gram

Cara membuat :
1. Campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, ragi instant, garam, dan cokelat bubuk.
2. Masukkan kuning telur dan air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan setengah kalis. (kalo mau menambah vanili silahkan)
3. Tambahkan mentega lalu uleni adonan sampai kalis.
4. Setelah kalis, tutup adonan dengan lap basah dan diamkan selama 20 - 40 menit supaya terfermentasi dan mengembang.
5. Setelah mengembang bagi adonan dengan ukuran sesuai selera dan bulatkan (saya sarankan kecil saja karena adonan akan terus mengembang, kalo ada timbangan saya sarankan buat bulatan 5 gram).
6. Diamkan adonan lagi selama 10 - 15 menit.
7. Lubangi tengahnya kalo ingin buat donat, atau bisa dibulatkan biasa dengan diberi isi ditengahnya. (disini saya bikin 22 donat biasa dan 5 donat isi messes cokelat)
8. Donat siap digoreng, pakai api kecil.
Donat cepat matang jadi jangan ditinggal kemana-mana kalo menggoreng. Hati-hati gosong, hehe.
Taraaaa..
Jadilah Donat Kentang Cokelat ala Chef Ciel! ^^

Donat kentang cokelat bertabur gula halus OISHII~ ^_^


Sejujurnya ini donat homemade paling enak yang pernah saya rasakan. *alamaaak, memuji diri sendiri*
Tapi bener lho enak banget, empuk dan lumer di mulut, kenyal. Pokoknya OISHIIII T.O.P. B.G.T. puoool.

Donat cokelat isi cokelat ala Chef Ciel
Jujur saya lebih suka makan donat isinya cuz I love chocolate
This one is really OISHII~ >_<

Tanggal buat : 28 Agustus 2013

Tidak ada komentar: