I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

LIFE IS AN ADVENTURE

Kamis, 29 Agustus 2013

Nge-Play Game DOS jadul for Windows 7

Ceritanya nih tiba-tiba kangen pengen main game jaman SD yang udah jadul banget, era ketika komputer rumah masih minjem komputer bude pake PC yang masih pentium 3 yang masih zaman disket ituuu.
Nah nama gamenya Prehistorik 2. Game ini tentang manusia purba yang hobinya makaaaan, makaaaaaan, dan makaaaaaaaaan, haha. Itu yang paling saya ingat sih.
Kalo download gamenya bisa download disini.



Nah, ceritanya udah saya download nih di laptop, terus di instal, eh ternyata ga bisa play.
Usut punya usut karena saya gaptek nih, ternyata game jadul ini masih pake DOS (Disc Operating System), padahal lepi saya udah pake Windows 7. Hm.. Karena udah kebelet main, akhirnya saya googling dan ketemu deh caranya.

Ternyata kita masih bisa main game DOS teman-teman dengan menginstal emulator yang namanya DOSBox. Hm.. Teman-teman bisa download disini.



Ini nih sumbernya kalo mau tahu ebih banyak tentang DOSBox:

DOSBox adalah emulator untuk menjalankan program-program yang berbasis DOS. Bukan hanya game, program-program lain seperti Lotus juga bisa dijalankan. Cara penggunaanya pun cukup mudah. Setelah di-install jalankan DOSBox dari Start Menu. Tampilan pertama dari DOSBox seperti gambar di bawah.



Tampilannya seperti Command Prompt. Nah, dari sini kita harus mount folder yang akan dimainkan. Ketikkan perintah dengan format Z:\>mount [drive] [folder game]. Contohnya, menjalankan Prince of Persia, Z:\>mount x c:\prince, dengan asumsi folder ‘prince’ di drive C didaftarkan ke drive virtual X.



Setelah berhasil kita pindah ke drive X dengan mengetikkan Z:\>C: dan ketik Z:\>dir untuk melihat isinya. Cari file eksekusinya lalu jalankan. Dan akhirnya, tadaaaaa…




Jika ingin tampilan fullscreen kita bisa membuka file DOSBox.conf lalu mengganti konfigurasi fullscreen=true.
- See more at: http://dvbzero.blogspot.com/2011/06/memainkan-game-dos-di-windows-7-dengan.html#sthash.7V0qqXVz.dpuf




Tidak ada komentar: