I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

LIFE IS AN ADVENTURE

Rabu, 29 Agustus 2012

INFP--The Dreamer


Beberapa waktu yang lalu saya iseng mengikuti sebuah tes kepribadian. Sebenarnya dulu pernah mengikutinya namun agak lupa dengan hasilnya. Entah kenapa kali saya sangat tertarik sekali dengan MBTI test yang satu ini. Kebetulan mungkin lagi dalam posisi galau tentang kehidupan pribadi, kehidupan karir, dan kehidupan dalam berinteraksi. Walhasil saya didaulat sebagai INFP dalam test result kali itu. Apa sih MBTI itu? Terus apa INFP itu? Kalau penasaran tentang MBTI, saya punya artikel hasil copas salah satu blog, nih http://hnciel.blogspot.com/2012/08/mbti-myers-briggs-type-indicator.html
MBTI adalah teori kepribadian yang pertama kali dikembangkan oleh Carl Gustav Jung, dan terdiri dari 16 Tipe Kepribadian. Disebut juga Jungian. MBTI adalah sebutan setelah Isabel Myers dan Katharine Cook-Briggs meng'upgrade' sistem ini. Kemudian pada tahun 1978, David Keirsey mengembangkan lagi menjadi Keirsey Temperament Sorter, dan mengelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu:
SJ: Patuh terhadap aturan, dan keharusan. Mendahulukan komitmen. Yang tergolong SJ adalah ISTJ, ISFJ, ESFJ dan ESTJ.

SP: Kebalikan dari SJ, mereka paling benci dibatasi, dan sebaliknya menyukai kebebasan meski praktis dan realistis
Yang tergolong SP adalah ISTP, ISFP, ESFP dan ESTP

NT: Temperamen ini paling "tenggelam" dalam dunia buku dan pembelajaran lainnya. Disebut juga Intelektual. Menghindari pesta dan keramaian, terutama introvert. Memberlakukan standar tinggi bagi diri sendiri
Yang tergolong NT adalah ENTJ, ENTP, INTJ dan INTP

NF: Temperamen NF adalah pencari makna kehidupan. Karena inilah mereka sensitif terhadap kritik
Yang tergolong NF adalah ENFJ, ENFP, INFJ dan INFP 
Kalau INFP? INFP sendiri merupakan singkatan dari Introvert, iNtuition, Feeling, and Perceiving. Beberapa menyebut INFP sebagai The Dreamer, The Healer, atau The Idealist, entahlah mana yang lebih tepat. Berikut artikel mengenai INFP:
Untuk seorang INFP, keselarasan dalam hidup adalah suatu keutamaan. Mereka adalah orang yang sangat imajinatif dan sering memusatkan sebagian besar energinya pada visi dan mimpi mereka. Karena mengutamakan keselarasan, seorang INFP menjadi fleksibel, toleran pada perubahan, dan mudah untuk menyesuaikan diri. Dalam bekerja mereka menetapkan standar yang tinggi bagi diri mereka dan cenderung perfeksionis. Mereka juga suka mempelajari dan tertarik pada konsep-konsep atau ide-ide abstrak, dan bila sudah yakin terhadap suatu ide akan sangat percaya. Biasanya terlihat pendiam dan perenung karena memang seorang INFP sering introspektif. Populasi orang tipe INFP sangat jarang, diperkirakan hanya ada sekitar 2% populasi orang di dunia yang termasuk dalam tipe kepribadian ini.Ada beberapa kelemahan dari seorang INFP. Mereka sering menuruti pendapat orang lain walaupun mereka mempunyai pendapat yang berbeda, ini terjadi karena mereka tidak menyukai argumentasi dan mengutamakan keselarasan. Suka ragu dalam mengkritik orang lain dan lama sekali untuk berkata “tidak.” Sering mengambil tanggung jawab yang melebihi kapasitasnya dan tidak menyukai pekerjaan yang rutin.

Jelas sekali dengan INFP saya bisa melihat diri saya yang absurd bak kemalicious (kebanyakan nonton Stand Up Comedy Indonesia, hehe). Saya hidup di dunia nyata namun juga memiliki kehidupan lain jauh di dalam pikiran saya. Sering saya mengatakan bahwa saya adalah pengejar mimpi dan menjadikannya sebagai tujuan hidup saya. Yah, mungkin karena itulah saya ada di zona INFP.

Life is full of paradoxes and they are constantly balancing opposites.
Kehidupan INFP dihabiskan untuk mencari nilai-nilai kehidupan, peace seeker, tipe manusia yang tidak mengejar materi namun mencari value.
Relationship is about selfdiscovery--deep and meaningful


Dalam berinteraksi seorang INFP mencari ikatan yang kuat, tidak sekedar berhubungan saja, namun lebih dari itu INFP selalu berusaha mencari sesuatu yang spesial dalam berinteraksi dengan manusia. Mungkin karena itu INFP seringkali hanya memiliki sedikit orang yang dia anggap sebagai 'benar-benar teman'.

Tidak ada komentar: