I want to live my life to the absolute fullest

To open my eyes to be all I can be

To travel roads not taken, to meet faces unknown

To feel the wind, to touch the stars

I promise to discover myself

To stand tall with greatness

To chase down and catch every dream

LIFE IS AN ADVENTURE

Sabtu, 16 Februari 2013

Bolu Cokelat Khusus

Beberapa waktu yang lalu Ciel yang jenuh di kos bingung mau ngapain. Akhirnya Ciel bersama teman Ciel memutuskan membuat kue. Hm.. akhirnya kita sepakat bikin bolu cokelat kukus. Sebenarnya Ciel udah sering buat kue ini ketika di rumah, namun hanya sebagai "orang yang membantu" ibu-ibu yang di dapur, hehe. Jadi tetap saja, rasanya membuat kue sendiri tanpa intervensi para ibu itu menjadi hal yang cukup istimewa bagi saya. Terlebih kami membuatnya di kos, dengan peralatan yang sangat terbatas, pengetahuan yang terbatas, dan dimulai dari nol. Check it out!

Pertama-tama, Ciel mencari resepnya, dari internet (browsing lewat HP), dan setelah menemukan beberapa resep dan melakukan perbandingan akhirnya kita memilih satu resep yang menurut kita paling meyakinkan. Akhirnya siang itu kami membeli bahan-bahan.

Bahan:
200 gram tepung terigu
200 gram gula halus
3 butir telur
SP/TBM
vanili
cokelat pasta
air soda (sprite)



Bahan yang sangat mudah didapat kan? Selanjutnya kita mencari alat. Pertama, kami sengaja membuat kue bolu kukus karena kami sadar kami hanya punya panci pengukus. Kebetulan kami juga ada cup, tapi jumlahnya cuma sedikit (cuma 6, pas sih, ukuran pancinya juga kecil, hehe). Jadi kami tinggal mencari pengocok telur dan cup kertas. But, karena hari itu sudah siang, kami muter-muter nyari pengocok telur nggak ada yang jual alias udah tutup. Finally, kita mencoba pinjam mixer ke beberapa tempat. Akhirnya kami mencoba pinjam ke ibu yang biasanya jual masakan di sebelah kos, hehe. Dengan beralibi membeli makan siang akhirnya kami dapat pinjaman mixer. Yokatta!!!

Well, now the time for cooking!!! ^_^

Jadi begini caranya. Di internet mungkin ada beberapa cara membuat roti bolu kukus, namun saya membuatnya berdasarkan cara yang biasa Ciel lakukan di rumah.

1. Kocok telur dan gula halus hingga mengembang
2. Masukkan SP secara perlahan, jangan merusak SP nya jadi masukkan dengan hati-hati
3. Selanjutnya tambahkan vanili dan terus mixer sampai adonan mengental berwarna putih

4. Kurangi kecepatan mixer lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan sprite
masukkan terigu sedikit demi sedikit diselingi air soda


5. Setelah tercampur rata matikan mixer. Lalu pisah adonan menjadi 2 bagian. Setelah itu salah satu adonan dicampur dengan cokelat pasta.
tambahkan sedikit chocolate pasta sesuai selera


6. Adonan siap dicetak sesuai selera.

7. Kukus adonan selama 15 menit. Dan jangan membuka-bukanya. Tunggu saja sampai 15 menit baru dibuka. (Sering dibuka membuat kue tidak bisa mekar)

Taraaaaa.. Jadilah kue bolu cokelat alaa Ciel and friend.. Nyummyy.. ^_^
Delicious Bolu Cokelat Kukus :)



Tidak ada komentar: